Share
7 Desainer Burgo Indonesia Rayakan Keberagaman dan Harapan di Spotlight Indonesia 2022
Bunga Revina
15 December 2022

Sejalan dengan semangat yang diusungnya yakni Indonesia Fashion Freedom, sekolah mode Istituto Di Moda Burgo Indonesia turut berpartisipasi dalam gelaran fashion Spotlight Indonesia 2022 – Celebrating Diversity.


Tujuh desainer yang merupakan alumni dan juga siswa dari sekolah mode internasional asal Milan, Italia tersebut berpartisipasi dan menyuguhkan karya desain terbaru mereka pada gelaran yang berlangsung pada Sabtu, 3 Desember 2022 di Pos Bloc, Jakarta.

Ketujuh desainer itu, diantaranya Tities Sapoetra (label Tities Sapoetra), Howard Laurent (HOWARD LAURENT), Mira Nur Gandaniati (Zola Leather), Bintang Dini Haryanto (B BY BIEN), Jesslin Viola (label Jesslin Viola), Dery Rizkianto (The Rizkianto), dan termasuk pendiri Burgo Indonesia, Jenny Yohana Kansil (label JYK).

Masing-masing desainer hadir dengan keunikan dan ciri khas desain yang berbeda-beda. Merentang dari koleksi busana siap pakai hingga gaun malam. Meski sekilas tampak berbeda, semua desainer menerapkan Italian craftmanship yang handal seperti halnya hasil karya yang diajarkan sewaktu masih menimba ilmu di sekolah mode Burgo, yakni lewat Burgo Method dan Italian know how.

Setiap desainer juga mencoba menggali lebih jauh potensi kain atau wastra nusantara, dan mengolahnya hingga menjadi desain kekinian dan menarik perhatian bagi generasi muda saat ini.

Tities Sapoetra menghadirkan koleksi “Ground Zero”, Howard Laurent menyuguhkan “Palazzo”, Jesslin Viola mengusung “Coeval Heritage” dengan batik kontemporer Solo, Mira lewat labelnya Zola Leather menghadirkan 8 tas unik bertajuk “Walatra”, Bintang lewat B BY Bien menghadirkan cerita dari Kalimantan Tengah “Dara Ruai”, Dery Rizkianto dengan labelnya The Rizkianto yang baru saja show di Milan menghadirkan gaun malam “Demeanour” yang teirnspirasi dari masa keemasan Hollywood yang glamor, sementara Jenny Yohana Kansil dengan label JYK membawa capsule collection yang bertemakan “Harapan” dan memakai kain batik durian Lubuklinggau sisa dari show di Milan sebelumnya.

Gebrakan ini menjadi langkah lanjutan yang menunjukkan konsistensi Burgo Indonesia dalam mewujudkan impian agar desainer Indonesia memiliki kapasitas yang tak kalah dibanding desainer internasional, dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan juga turut mendominasi pasar lokal.

Semoga harapan ini dan momen merayakan keberagaman Indonesia yang diusung Spotlight Indonesia 2022 ini bisa menjadi nyata. Spotlight Indonesia diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan berlangsung dari tanggal 1 hingga 4 Desember 2022 di Pos Bloc, Jakarta.