Share
Maudy Ayunda Hadirkan Secuplik Nostalgia Bertumbuh Dewasa dalam Single Terbaru, “Hari Itu”
Trisha Aulia
12 August 2024

Jelang perilisan album barunya, Maudy Ayunda mempersembahkan "Hari Itu", single baru yang merangkul hangatnya kenangan persahabatan masa sekolah serta pahit-manisnya bertumbuh dewasa.


Setelah sukses dengan “Cahaya” pada Mei lalu, Maudy Ayunda kembali melanjutkan perjalanannya di dunia musik dengan meluncurkan single terbaru yang bertajuk “Hari Itu”.

Dirilis pada Senin (12/8), “Hari Itu” mengeksplorasi kecintaan Maudy terhadap ilmu pengetahuan dan masa-masa indah ketika duduk di bangku sekolah.

Dengan suaranya yang khas, lirik yang menyentuh, dan melodi yang penuh emosi, Maudy membawa pada pendengar kembali ke hari itu, ke hari pertama masuk sekolah, bertemu dengan teman-teman baru, dan membangun persahabatan yang hangat.

Namun, lebih dari sekadar ajakan bernostalgia, Maudy juga mengangkat pahit-manisnya bertumbuh dewasa. Bagaimana kita harus merelakan teman-teman yang dahulu begitu dekat dengan kita untuk menjalani hidup masing-masing dan mengejar mimpi-mimpi mereka sendiri. Semua perasaan kompleks yang tak dapat dihindari ini dikemas Maudy dengan begitu indah dalam “Hari Itu”.

Bercermin dari pengalaman pribadinya, Maudy menjelaskan bahwa "Hari Itu" menjadi caranya memaknai tahun-tahun formatif yang dihabiskan semasa bersekolah. Lagu ini juga merupakan perwujudan dari eksplorasi penuh jiwa akan kenangan tak terlupakan dari masa sekolah yang telah membentuk dirinya, bagaimana meskipun hari itu tinggal kenangan, setiap orang dan momen yang kita lalui tetap menjadi bagian dari diri kita.

“Saya ingin menangkap esensi dari kenangan berharga di sekolah dan menciptakan ruang di mana orang bisa mengenang pengalaman mereka sendiri,” kata Maudy. “Melalui 'Hari Itu', harapannya saya dapat memberikan hiburan dalam menghadapi perjalanan waktu yang tak terelakkan, dan mendorong orang untuk lebih menghargai setiap momen,” tambahnya.

"Hari Itu" menjadi langkah awal menuju album terbaru Maudy yang direncanakan rilis akhir tahun ini. Sebagai album pertamanya sejak "Oxygen" yang rilis pada 2018, album baru ini sudah lama dinantikan.

Album baru ini menjanjikan perspektif segar dalam perjalanan musik Maudy, memandang musik sebagai wadah yang kuat untuk menumpahkan cerita dan memberikan komentar sosial tentang berbagai tema universal, seperti fase pendewasaan, penerimaan diri, kesehatan mental, identitas perkotaan, dan modernitas.

Lewat lagu-lagu dan album barunya, Maudy berkomitmen menyajikan karya yang lebih otentik, menggabungkan keahliannya sebagai seorang storyteller dengan musik untuk bercerita lebih jujur. Ia berharap bahwa setiap karyanya, tak terkecuali “Hari Itu” terasa personal mengingatkan orang-orang untuk senantiasa hadir dalam setiap momen di hidupnya, betapapun sederhananya. Sebab, setiap momen mempunyai kesan tersendiri yang pasti menjadi core memories tersendiri dan membekas walau tak sekompleks kehidupan orang dewasa.