Share
Menceritakan Awal Mula ‘Bene Gesserit’, Serial “Dune: Prophecy” Akan Tayang Tahun Ini
Putrika Annaya Salsabila
18 July 2024

Setelah sukses dengan film pertama dan kedua, franchise “Dune” kini akan hadir dalam bentuk serial bertajuk “Dune: Prophecy”.


Warner Bros. telah mengambil langkah ambisius dengan mengadaptasi waralaba “Dune” karya Denis Villeneuve ke dalam serial spin-off terbaru mereka, “Dune: Prophecy”. Serial ini menggali lebih dalam ke dalam universe yang luas dari Dune, fokus pada asal usul perkumpulan magis ‘Bene Gesserit’ yang misterius.

Warner Bros. dan Max telah merilis trailer pertama untuk Dune: Prophecy pada tanggal 16 Mei. Trailer ini tidak mengungkapkan banyak plot, tetapi memberikan gambaran tentang tampilan visual dan nuansa keseluruhan seri ini, yang tentu saja mengikuti estetika dari film-filmnya.

Sementara itu, trailer baru akan dirilis besok.

Pertanyaan yang paling sering dilontarkan adalah kapan serial ini tayang? Sayangnya, sampai saat ini, “Dune: Prophecy” belum memiliki tanggal rilis yang pasti. Di dalam trailer, hanya dijanjikan bahwa serial ini akan tayang pada musim gugur 2024.

“Dune: Prophecy”, awalnya dikenal sebagai “Dune: Sisterhood”, mengambil latar 10.000 tahun sebelum peristiwa film-film utamanya, menceritakan kisah tentang bagaimana para penyihir Bene Gesserit memperoleh kekuatan mereka dan memulai rencana jangka panjang yang mengubah peradaban manusia secara radikal. ‘Prophecy’ yang tercantum pada judul adalah ramalan yang pada akhirnya mempengaruhi perjalanan Paul Atreides, yang diperankan oleh Timothée Chalamet, di Arrakis.

Dune Prophecy 1

Dalam cerita “Dune”, Bene Gesserit adalah perkumpulan penyihir wanita yang mencoba mengendalikan peradaban manusia dari balik layar dengan memanipulasi penguasa dan menerapkan program pembiakan jangka panjang. Ibunda Paul Atreides dalam film, Jessica Atreides, adalah salah satu dari penyihir ini, dan Paul sendiri adalah hasil akhir dari program pembiakan tersebut.

“Dune: Prophecy” akan berfokus pada Valya Harkonnen, yang awalnya merupakan anggota Sisters of Rossack, organisasi pendahulu Bene Gesserit yang dibubarkan oleh kaisar. “Dune: Prophecy” akan menunjukkan bagaimana Valya mengubah ordo penyihir kuno ini menjadi Bene Gesserit, dan juga akan menjelajahi asal-usul perjalanan luar angkasa berbasis rempah—yang menjadikan Arrakis sangat penting.

Dune Prophecy 2

“Dune: Prophecy” bukanlah cerita baru atau asli. Serial ini didasarkan pada trilogi "Great Schools of Dune" yang ditulis oleh putra Frank Herbert, Brian Herbert, dan Kevin J. Anderson. Meskipun tidak jelas sejauh mana cerita akan mengikuti buku-buku tersebut, yang relatif kurang dikenal bagi yang bukan penggemar “Dune” sejati, ini memberi kebebasan kreatif bagi para pencipta untuk mengeksplorasi narasi baru.

Beberapa karakter utama yang orisinal untuk seri ini juga sudah terungkap, seperti Kaisar Javicco, sehingga diharapkan akan ada materi segar yang signifikan.

Dune Prophecy 3

Produksi seri ini mengalami beberapa perubahan besar dalam pemeranan karakter, bahkan setelah sebagian besar syuting selesai. Namun, berikut adalah pemain utama yang telah terkonfirmasi:

  • Emily Watson sebagai Valya Harkonnen
  • Olivia Williams sebagai Tula Harkonnen
  • Jodhi May sebagai Permaisuri Natalya
  • Mark Strong sebagai Kaisar Javicco Corrino
  • Travis Fimmel sebagai Desmond Hart
  • Sarah-Sofie Boussnina sebagai Putri Ynez

Dengan ini, pecinta film (dan buku) terutama penggemar universe “Dune” sangat menantikan tayangnya serial ini dengan antusias.