Share
Mengenal Bunga Bawang, Tumbuhan Indah yang Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
17 October 2022

Anda mungkin sudah sering menyantap daun bawang atau segala macam olahan makanan yang dilengkapi dengan bawang, namun apakah Anda pernah menyantap bunga dari bawang?


Tidak hanya bawang dan daunnya, bunga dari jenis tanaman umbi lapis yang satu ini ternyata dapat dikonsumsi dan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Bunga daun bawang merupakan tanaman yang didapatkan dari tanaman bawang merah.

Bunga daun bawang memiliki rasa dan aroma yang mirip dengan daun kucai, hanya saja daun bawang memiliki tekstur yang lebih renyah.

Memiliki tampilan yang indah, bunga bawang memiliki beberapa manfaat salah satunya adalah sifat antikanker dari lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah kanker paru-paru, kanker mulut, kanker perut, dan kanker usus.

Tidak hanya itu, kandungan alium dari bunga daun bawang juga dapat mencegah kanker prostat, menurut penelitian dari Journal of the National Cancer Institute. Bunga daun bawang ini juga memiliki rasa yang nikmat untuk dan disantap dan memiliki kandungan vitamin serta mineral yang serupa dengan keluarga bawang-bawangan.