Share
Olivia Rodrigo Donasikan Seluruh Keuntungan Tiket Konsernya di Filipina untuk Kesehatan Wanita!
Putrika Annaya Salsabila
07 October 2024

Bukan hanya sukses dengan tur dunianya yang selalu meriah, Olivia Rodrigo sumbangkan seluruh profit tiket konsernya di Filipina!


Olivia Rodrigo baru saja mencapai tonggak penting dalam kariernya setelah tampil di hadapan penonton terbesar yang pernah ia temui, sekaligus memberikan kontribusi nyata kepada komunitas yang sangat berarti baginya.

Pada 5 Oktober lalu, penyanyi muda ini menggelar konser di Philippine Arena, Manila, sebagai bagian dari tur dunianya, "Guts World Tour”. Philippine Arena merupakan arena dalam ruangan terbesar di dunia, dengan kapasitas 55.000 orang—menjadikannya konser terbesar dalam sejarah karier Olivia Rodrigo.

Sebagai seseorang yang memiliki darah Filipina dan selalu bangga berbicara tentang warisannya, Olivia membagikan pesan penuh rasa syukur di Instagram setelah konser. Ia mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya di Manila dan mengumumkan bahwa seluruh keuntungan dari penjualan tiket konser tersebut akan disumbangkan.

"Sudah lama sekali saya bermimpi untuk konser ini," tulis Olivia di Instagram, "Pertama kalinya di Filipina dan juga venue terbesar saya!!!! Terima kasih kepada semua orang di Manila karena telah menyambut saya dengan begitu hangat dan membuat saya merasa sangat dicintai."

Melalui organisasi nonprofitnya, Fund 4 Good, Olivia mengungkapkan bahwa seluruh hasil penjualan tiket akan disumbangkan kepada Jhpiego—sebuah organisasi nonprofit yang berafiliasi dengan Johns Hopkins University. Jhpiego berfokus pada pemberian akses kesehatan reproduksi, pencegahan HIV/AIDS dan penyakit menular, serta pendidikan. Organisasi ini bekerja di berbagai negara, termasuk Filipina, Tunisia, Brasil, Kenya, Nigeria, dan Thailand.

"Saya sangat senang bahwa seluruh keuntungan dari penjualan tiket semalam bisa didonasikan ke @jhpiego melalui fund 4 good," lanjut Olivia, "Saya berkesempatan mengunjungi organisasi ini saat saya berada di Manila dan saya sangat terkesan dengan pekerjaan yang mereka lakukan untuk memberikan layanan kesehatan bagi perempuan dan anak perempuan di Filipina."

Olivia Rodrigo 1

Olivia menambahkan, "Ini adalah konser paling spesial dan perjalanan paling bermakna. Mengatakan bahwa aku bersyukur rasanya tidak cukup! Mahal kita."

Dalam unggahan Instagramnya, Olivia juga membagikan foto-foto dari perjalanannya di Manila, termasuk kunjungannya ke organisasi nonprofit tersebut. Di panggung, ia tampil mengenakan selempang bertuliskan "Miss So Filipina" serta tank top dengan tulisan "Pinoy Pride" sebagai penghormatan kepada Filipina.

Langkah ini menjadi bagian dari upaya lebih besar Olivia untuk memberi dampak positif melalui tur dunianya. Sejak dimulai pada Februari lalu, ia meluncurkan Fund 4 Good—sebuah inisiatif global yang berkomitmen membangun masa depan yang adil dan setara bagi perempuan, anak perempuan, dan semua orang yang memperjuangkan kebebasan kesehatan reproduksi.

Untuk bagian pertama dari tur di Amerika Serikat, Olivia bekerja sama dengan National Network of Abortion Funds untuk memastikan bahwa mereka yang paling terdampak oleh rasisme sistemik, misogini, dan hambatan kesehatan bisa mendapatkan akses perawatan kesehatan reproduksi yang mereka butuhkan.

Olivia Rodrigo 2

Sebagai artis keturunan Asia-Amerika, Olivia kerap berbicara tentang pengalamannya dan dampaknya pada penggemar muda yang merasa terwakili olehnya.

"Kadang-kadang saya mendapatkan DM dari anak-anak perempuan yang berkata, 'Saya belum pernah melihat seseorang yang mirip denganku berada di posisi seperti kamu.' Dan rasanya saya akan menangis. Seperti, hanya memikirkannya saja sudah membuat saya emosional," kata Olivia dalam sebuah wawancara pada tahun 2021.

Ia melanjutkan, "Saya merasa tumbuh besar tanpa pernah melihat hal itu. Pop star selalu diidentikkan dengan gadis kulit putih."

Dengan konser ini, Olivia Rodrigo tidak hanya memecahkan rekor pribadinya, tetapi juga menunjukkan bagaimana ia memanfaatkan platformnya untuk memberikan dampak positif, terutama bagi komunitas yang memiliki tempat khusus di hatinya, Filipina.