Share
Ragam Jenis Olahan Acar Khas Berbagai Negara Yang Cocok Menjadi Makanan Pendamping
Vina Meliana
16 March 2022

Hidangan akan terasa semakin komplit jika disajikan dengan acar sebagai makanan pendamping yang fungsinya untuk menetralisir rasa. Hal ini karena acar akan menciptakan rasa yang asam dan segar sehingga cocok untuk menjadi makanan pendamping.


Setiap negara juga memiliki acar yang disesuaikan dengan lidah mereka dan pastinya cocok untuk dihidangkan berdamping dengan menu utama. Inilah hidangan acar dari berbagai negara yang tentunya dapat menciptakan rasa yang nikmat dan menjadi kekhasan tiap negara.

Acar timun wortel

Indonesia mempunyai hidangan pendamping makanan yang segar yang disebut acar. Acar di Indonesia disajikan dengan potongan timun dan wortel yang direndam dengan air cuka dan gula sehingga akan menghadirkan rasa yang asam dan manis. Acar di Indonesia biasanya disajikan dengan makanan utama seperti nasi goreng yang sudah menjadi paket komplit sehingga sulit untuk dipisahkan.

Pickles

Makanan khas Amerika ini merupakan hasil fermentasi antara timun dengan air asin dan juga cu?a. Berbeda dengan potongan acar yang disajikan di Indonesia, potongan dari timun pickles ini dipotong dengan ukuran yang besar. Umumnya pickles disajikan di dalam burger dan sandwich yang akan memberikan rasa asam yang segar dari rendaman cuka dan tekstur crunchy dari potongan timun.

Danmuji

Lobak memiliki manfaat untuk meningkat sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut juga dimanfaat oleh masyarakat Korea untuk menyajikan hidangan berbahan dasar lobak. Acar lobak salah satunya yang merupakan hidangan wajib di tiap restaurant Korea. Lobak ini difermentasi dengan buah gardenia yang membuat warna acar asal korea tersebut berwarna kuning.

Umeboshi

Plum tidak hanya dihidangkan sebagai buah namun juga bisa dijadikan acar. Di Jepang. Umeboshi merupakan makanan pendamping yang menciptakan rasa asam yang didapatkan dari buah plum dan rasa asin yang berasal dari hasil fermentasi. Umumnya di Jepang, Umeboshi ini cocok dijadikan topping onigiri dan juga hidangan lauk lainya yang tentunya sangat enak untuk dinikmati.