Share
Hidupkan Warisan Nusantara, Ariel Tatum Hadir dalam 'Sang Kembang Bale'
Annisa Silvia Mulia
20 August 2024

Ariel Tatum tampil dalam 'Sang Kembang Bale,' sebuah pertunjukan teater tradisional yang mengeksplorasi seni Ronggeng Gunung dari Jawa Barat yang hampir punah.


Produksi ke-79 dari Titimangsa ini telah melibatkan sejumlah seniman dari Jawa Barat dan Jakarta. Dalam pementasan teater “Sang Kembang Bale”, Ariel Tatum memerankan tokoh Kembang Bale, seorang penari tradisional dari kesenian Ronggeng Gunung Jawa Barat.

Pertunjukan tersebut akan digelar pada 10-11 Agustus 2024 di NuArt Sculpture Park, Bandung. Kisahnya mengisahkan seorang gadis muda yang dipilih untuk menjadi ronggeng sejati di tengah kemiskinan. Ariel Tatum mengaku tertarik dengan kedalaman spiritual dan budaya yang dihadirkan dalam naskah, yang bertujuan untuk menghidupkan kembali dan melestarikan tradisi yang hampir punah ini.

poto 1

Ariel mengungkapkan tantangan yang dihadapinya dalam mendalami peran ini. "Aku terbiasa menyanyi dengan teknik modern, jadi aku harus mulai dari nol lagi untuk kenalan sama suaraku, kenalan ulang dengan potensi di dalam diriku, eksplorasi lagi. Ini terutama karena ada cengkok-cengkok yang sangat khas," ujarnya.

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, mengungkapkan harapannya agar produksi ini tidak hanya menghidupkan kembali tradisi yang hampir punah, tetapi juga memberikan pengalaman budaya yang inspiratif bagi penonton. Produser Pradetya Novitri menambahkan bahwa saat ini hanya dua orang yang masih aktif melestarikan kesenian Ronggeng Gunung, sehingga sangat penting untuk memperkenalkan kembali kesenian ini kepada masyarakat.

Penulis naskah Toni Lesmana dan Wida Waridah mendalami cerita melalui wawancara dengan para pelaku kesenian Ronggeng Gunung, seperti Bi Pejoh, Bi Raspi, dan Mang Sarli. Mereka berupaya memadukan elemen tradisi dengan narasi fiksi, menciptakan jalinan kisah yang memperlihatkan kegelisahan, harapan, dan perjuangan tokoh utama.

Pertunjukan ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Tiket untuk menyaksikan pementasan "Sang Kembang Bale" dapat dipesan melalui www.titimangsa.com .