Share
Iconic Creator Award 2024: Merayakan Ilustrator Ternama Pinot di Panggung Glorify Indonesia
Putrika Annaya Salsabila
21 August 2024

Merayakan warisan kreatif Indonesia, Iconic Creator Award 2024 hadir untuk mengapresiasi perjalanan seni maestro ilustrator Pinot yang inspiratif.


Di tengah gegap gempita perayaan Kemerdekaan RI ke-79, Senayan City bersama Jakarta Illustration and Creative Arts Fair (JICAF) mempersembahkan Iconic Creator Award 2024 sebagai bagian dari program tahunan Glorify Indonesia.

Tahun ini, penghargaan tersebut diberikan kepada Pinot, seorang maestro ilustrator yang telah membawa seni dan kreativitas Indonesia ke panggung dunia.

Halina, Direktur Leasing & Marketing Communication Senayan City, menegaskan komitmen mereka terhadap dunia seni. “Senayan City selalu mendukung kemajuan dan perkembangan seni di Indonesia. Pada gelaran kali ini, kolaborasi dengan JICAF memiliki fokus pada inovasi dan kreativitas.”

Halina melanjutkan, “Oleh karena itu, Senayan City memberikan Iconic Creator Award 2024 kepada Pinot atas kemampuannya menggabungkan animasi tradisional dan stop-motion sehingga melahirkan karya-karya luar biasa yang telah memenangkan berbagai penghargaan internasional.”

Gelaran Glorify Indonesia, yang berlangsung dari 21 Agustus hingga 1 September 2024, bukan hanya sekadar perayaan kemerdekaan, tetapi juga sebuah penghormatan kepada talenta-talenta kreatif Indonesia. Salah satu agenda utamanya adalah pemberian penghargaan kepada delapan ilustrator Indonesia yang karyanya menggambarkan keindahan dan keragaman budaya bangsa.

Novrizal Pratama, Co-Founder JICAF, menambahkan, “Iconic Creator Award 2024 merupakan salah satu rangkaian acara menuju JICAF 2024 yang akan dilaksanakan pada 19 September - 6 Oktober 2024. Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Senayan City untuk memberikan apresiasi terhadap ikon ilustrasi dunia, yakni Pinot yang berasal dari Indonesia dan ingin menebarkan semangat tersebut ke masyarakat luas.”

jicaf 1

“Secara bersama-sama kami ingin mensejajarkan ilustrator-ilustrator kebanggaan Indonesia dengan seniman-seniman dunia dan juga memperkenalkan mereka ke kalangan lebih luas,” lanjut Novrizal.

Pinot, yang lahir dengan nama Wahyu Ichwandardi, adalah seorang animator legendaris Indonesia dengan lebih dari tiga dekade pengalaman. Dari awal karirnya sebagai desainer grafis berita hingga menjadi tokoh kunci dalam dunia animasi internasional, Pinot telah mengukir namanya melalui karya-karya yang menggabungkan animasi tradisional dan stop-motion.

Dengan penghargaan seperti Shorty Awards dan Tribeca Film Festival, Pinot telah menunjukkan bahwa kreativitas Indonesia memiliki tempat di panggung global.

Menanggapi penghargaan ini, Pinot dengan rendah hati berkata, “I’m humbled karena ada apresiasi terhadap sebuah karya yang didasari atas dorongan bermain. Saya juga terharu karena karya saya bisa diterima dan dinikmati semua usia dan kalangan.”

Meskipun terserang stroke dan sedang dalam tahap pemulihan yang berprogres, Pinot tetap gigih dan memanfaatkan momen ini untuk memberi dorongan serta dukungan untuk para seniman Indonesia.

“Saya harap seniman Indonesia percaya diri untuk berkarya di luar negeri. Sudah saatnya dunia tahu potensi dan talenta seni bangsa ini. Selalu bebaskan pikiran dari rasa terbatas dan rasa takut jadi diri sendiri dalam menciptakan sebuah karya,” ungkap Pinot.

jicaf 2

Untuk merayakan perjalanan panjang Pinot, Iconic Creator Award 2024 juga menghadirkan beberapa acara spesial, termasuk:

  • Apresiasi dari Sesama Seniman: Seniman dan tokoh budaya berbagi pandangan mereka tentang dampak besar karya Pinot.
  • Pemutaran Video Tribute: Momen-momen penting dari perjalanan karir Pinot yang penuh inspirasi.
  • Pinot’s Journey Art Installation: Instalasi seni yang menggambarkan perjalanan kreatif Pinot selama lebih dari 30 tahun.
  • Preview Eksklusif: Penampilan beberapa karya ikonik Pinot, memberikan wawasan mendalam tentang proses kreatif sang maestro.

Sebagai tambahan, para pengunjung juga akan memiliki kesempatan langka untuk membeli karya seni terpilih dari Pinot yang hanya dipamerkan selama acara berlangsung.

“Kami berharap dengan hadirnya kolaborasi ini dapat terus memberikan ruang bagi illustrator–illustrator berbakat lainnya untuk terus menampilkan karya-karya terbaiknya, baik di Indonesia maupun mancanegara,” tutup Halina, menegaskan pentingnya acara ini dalam mengangkat talenta seni Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.