Share
Menelusuri Manfaat Lemon Water untuk Kesehatan Tubuh
Yuswialdyth Ardelia Almira
18 April 2023

Tak hanya dikenal mampu memperbaiki kulit sebagai bahan skincare, ternyata air lemon yang dikonsumsi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.


Lemon adalah salah satu buah dengan warna cerah yang mengandung vitamin C. Tak hanya sebagai konsumsi luar, ternyata lemon juga bisa dikonsumsi dengan membuat air lemon atau biasa dikenal sebagai lemon water. Air lemon adalah perasan buah lemon yang dipadukan dengan air dan dapat diminum panas atau dingin, dengan tambahan seperti madu maupun bahan lain. Lantas, apa manfaat air lemon bagi tubuh?

Memperbaiki sistem pencernaan

Meminum segelas air lemon di pagi hari dapat membantu memperlancar percernaan. Studi di tahun 2019 menunjukkan bahwa konsumsi minuman yang kaya akan polifenol lemon seumur hidup dapat menunda perubahan terkait usia yang terlihat di usus, seperti perubahan keseimbangan bakteri usus yang menguntungkan.

Membantu penurunan berat badan

Selain memperbaiki sistem pencernaan, air lemon juga dapat membantu meningkatkan asupan air, yang mana direkomendasikan sebagai strategi menurunkan berat badan.

Memperkua sistem imun

Kadar tinggi vitamin C dalam lemon juga dapat memperkuat sistem imun. Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menghindari batuk dan pilek.

Menurunkan tekanan darah

Lemon juga kaya akan vitamin B dan mineral seperti calcium, iron, potasium dan magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah.

Memperbaiki penampilan kulit

Air lemon juga dinilai mampu memperbaki penampilan kulit karena mengandung antioksidan yang tinggi dimana dapat mencegah kerusakan kulit dari radikal bebas.