Share
Mengenal Frostbite, Kondisi Serius pada Kulit Akibat Terpapar Suhu Dingin yang Ekstrem
Dewi Anggriani Siregar
03 July 2023

Belakangan ini istilah frostbite tengah berseliweran di media sosial. Namun tahukah Anda, frostbite ternyata merupakan salah satu kondisi medis serius pada tubuh yang membutuhkan pengobatan dan penanganan segera.


Frostbite adalah kondisi di mana tubuh mengalami kedinginan atau pembekuan akibat terlalu lama terkena paparan suhu ekstrem yang rendah. Dikutip dari Alodokter, Frostbite adalah kondisi ketika kulit dan jaringan di bawahnya rusak atau mati akibat paparan suhu yang sangat dingin. Frostbite bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi umumnya lebih sering muncul di area tangan, kaki, telinga, hidung, dan dagu.

Kondisi ini umumnya menimbulkan gejala yang memengaruhi berbagai bagian tubuh seperti tangan, kaki, hidung, telinga, dan wajah. Ketika terserang frostbite, kulit akan mengalami berbagai perubahan seperti menjadi keabu-abuan atau hitam, pembengkakan yang parah, sensasi mati rasa atau tertusuk dan bahkan kerusakan jaringan yang permanen.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai penanganan terhadap munculnya gejala frostbite, salah satunya adalah dengan menghangatkan area kulit yang terpapar dingin atau merendamnya ke dalam air hangat dengan suhu 40° Celsius selama 15–30 menit. Jika mengalami kondisi yang cukup parah, sebaiknya Anda segera mencari pertolongan medis untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.