Share
Salmon Dapat Menjadi Pilihan Makanan Sehat, Asal Jangan Berlebihan
Yesica Kirana
21 October 2024

Salmon adalah ikan yang mengandung asam lemak Omega-3, protein, dan vitamin. Ikan ini dapat diolah dengan berbagai cara. Namun, meski banyak manfaatnya, konsumsi salmon harus diperhatikan agar tidak berlebihan, untuk mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh.


Salmon adalah ikan yang kaya manfaat bagi kesehatan dan dapat diolah dengan berbagai teknik memasak, seperti dibakar, direbus, ditumis, atau diasap. Selain itu, daging salmon juga bisa dinikmati mentah dalam bentuk sushi, sashimi, atau ceviche yang dipadukan dengan bumbu lainnya.

Kandungan nutrisinya juga sangat baik, dengan 3 ons salmon Anda sudah mendapatkan hampir 8 mg kalsium, 3,3 mg vitamin C, 7 mg niasin, 23 mg magnesium, 204 mg fosfor, dan 309 mg kalium. Salmon juga kaya folat, vitamin A, dan E, serta asam lemak Omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung dan fungsi mental.

Bagi Anda yang ingin membangun massa otot, dapat mengkonsumsi salmon sekitar 17,3 gram protein per porsi, karena dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu menjaga berat badan. Selain manfaat tersebut, ikan ini juga mampu mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Bahkan, DNA ikan ini juga digunakan sebagai produk perawatan kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Foto Pendukung Salmon

Bolehkah Mengkonsumsi Salmon Setiap Hari?

Meskipun salmon kaya akan manfaat kesehatan, sebaiknya ikan ini dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebab salmon mengandung merkuri, meskipun dalam kadar yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa jenis ikan lainnya. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan, merkuri dapat menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan masalah perkembangan otak, terutama pada anak-anak dan wanita hamil.

Selain itu, salmon asap dan produk salmon olahan sering mengandung natrium yang tinggi. Ini dapat menjadi perhatian bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau mereka yang perlu membatasi asupan garam. Oleh karena itu, penting untuk memilih salmon segar atau olahan dengan rendah natrium dan memperhatikan porsi yang dikonsumsi, agar tetap mendapatkan manfaatnya tanpa resiko kesehatan.