Share
Kolaborasi Fashion dan Teknologi dalam Rangka Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Putrika Annaya Salsabila
14 June 2024

Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sejauh Mata Memandang berkolaborasi bersama Grand Indobesia dan Genexyz untuk pameran interaktif bertajuk “Bumi, Masa Depan Kita”.


Sejauh Mata Memandang (SMM), jenama fesyen sirkular yang dikenal dengan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan, kembali membuat gebrakan untuk perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Mulai dari 13 Juni hingga 21 Juli 2024, Rama Atrium di Grand Indonesia akan menjadi saksi dari pameran interaktif bertajuk "Bumi, Masa Depan Kita”, hasil kolaborasi SMM dengan pengarah kreatif Felix Tjahyadi. Instalasi yang ditampilkan dirancang sebagai pengingat kondisi bumi yang semakin memprihatinkan.

“Melalui pameran ini, kami ingin menekankan pentingnya perhatian serta tindakan nyata demi kebaikan bumi. SMM juga turut mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan dengan upaya menerapkan praktik sirkular,” jelas Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif SMM.

SMM 1

Pameran ini juga bertepatan dengan perayaan HUT Kota Jakarta yang ke-497 pada 22 Juni 2024 dan mendapat dukungan penuh dari Dekranasda DKI Jakarta. Ornamen khas Betawi, seperti kembang kelape, menghiasi instalasi bumi, menambahkan elemen lokal yang kaya budaya.

Hal lain yang unik tentang pameran ini adalah kolaborasi antara dunia mode dan teknologi yang tidak biasa.

Sebagai bagian dari WONDERLAB, sebuah acara multisensori dari Genexyz dan Grand Indonesia, pameran ini memadukan teknologi mapping, robotik, kecerdasan buatan, dan Metahuman™.

SMM 2

Belinda Luis, Co-Founder Genexyz, menjelaskan, “Di area pameran ‘Bumi, Masa Depan Kita’, kami menampilkan sebuah story telling dari Metahuman™ Genexyz bernama LavCaca yang menyampaikan pesan untuk mengajak para pengunjung Grand Indonesia berperan aktif demi masa depan di bumi yang lebih baik.”

Bukan hanya itu, pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan interaktif, seperti mendaur ulang pakaian bekas bersama EcoTouch dan memperbaiki pakaian rusak di repair station "Kembali Baik”, hasil kolaborasi dengan Mulih. Selain itu, SMM meluncurkan motif baru "Pesan Bumi”, yang terinspirasi dari coretan pengunjung di ARTJOG 2022.

Koleksi ini tersedia eksklusif di Warung Pop-Up SMM di Grand Indonesia dan di webstore www.sejauh.com mulai 13 Juni 2024.

Fakta yang tidak kalah menarik, Warung Pop-Up SMM di Rama Atrium dibangun dengan 90% material guna ulang dan daur ulang, dan menawarkan program Jual Kembali untuk koleksi preloved. Setiap pembelian pakaian mendukung penanaman pohon di Kawasan Ekosistem Leuser, Aceh Timur, dan mendukung Women Rangers Aceh.

SMM 3

Selain SMM dan Genexyz, Grand Indonesia juga menyambut baik pameran ini.

“Kami turut bangga dapat bermitra dengan SMM dalam meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat tentang isu lingkungan pada pameran ini. Terlebih, pengunjung dapat mengunjungi pameran menarik ini selama periode School Holiday yang saat ini berlangsung di Grand Indonesia,” ungkap Kanina Hanindita, Senior Manager Marketing Communication, Grand Indonesia.

“Harapannya, kami dapat menginspirasi pengunjung Grand Indonesia untuk lebih peduli dan bertindak nyata dalam merawat lingkungan,” tutupnya.